p1-2 STRATEGI MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK

Penulis

  • Linda Ardiya Waroka

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kreativitas, Pendidikan anak usia dini

Abstrak

Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya yang berikan oleh seorang pendidik dalam memberikan suatu stimulasi, bimbingan dan pengasuhan yang memungkin anak didik dapat mengeksplorasi pengetahuan dan pemahaman melalui belajar dari lingkungan. Salah satu prinsip dasar dalam melakukan pendidikan anak usia dini adalah mobilisasi imajinasi dan kreativitas pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kreativitas pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode teknik pengkajian studi literatur oleh penelitian sebelumnya. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah1deskriptif1kualitatif.1Hasil1yang1diperoleh menunjukkan bahwa sekolah memberikan ruang bagi kreativitas siswa melalui strategi pembelajaran dan pendekatan lingkungan sekolah. Peran pendidik merupakan1salah satu1faktor penting1dalam pendidikan anak usia dini. Pendidik dituntut untuk menyediakan materi yang kaya yang memobilisasi imajinasi anak-anak, menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk bermimpi, memberikan kesempatan untuk mengekspresikan ide-ide mereka, menghargai individualitas mereka dan mendorong perspektif yang berbeda. Mereka harus mendorong anak didik untuk berpartisipasi dalam permainan kreatif dan peduli serta menghargai produk baru mereka. Selain itu, mereka harus menghargai kreativitas anak-anak dan meyakinkan mereka.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

06-06-2022

Terbitan

Bagian

Artikel