p2-5 METODE SELF TALK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA

Penulis

  • Asfiyah

Abstrak

Abstrak

Bullying yang dalam Bahasa Indonesia kita kenal dengan istilah Perundungan di kalangan siswa seperti tidak akan ada habisnya. Berbagai upaya yang sudah dilakukan pihak sekolah untuk mengatasinya, namun perilaku tersebut seperti sulit untuk dihapuskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying siswa melalui metode self talk pada siswa kelas VIII  Ikhwan SMP IT Ihsanul Fikri  Mungkid Tahun Pelajaran 2020/2021. Artinya Metode Self Talk  dapat digunakan sebagai metode untuk menurunkan perilaku bullying  pada siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Tindakan  dilakukan pada beberapa siswa yang diberikan perlakuan  penerapan metode self talk dalam jangka waktu tertentu yang terbagi ke dalam beberapa siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kelas VIII dengan Teknik pengambilan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun Subyek informan pada penelitian ini adalah Guru Pembimbing, teman sebaya, Guru Mata Pelajaran, Wali kelas dan Wali asrama. Proses pengolahan data dimulai dengan mengelompokkan data-data yang terkumpul melalui observasi, dokumentasi untuk diklasifikasikan dan dianalisa berdasarkan kepentingan penelitian. Hasil analisis data tersebut selanjutnya disusun dalam bentuk laporan dengan teknik deskriptif analisis, yaitu dengan cara mendeskripsikan keterangan-keterangan atau data-data yang telah terkumpul dan dianalisis berdasarkan teori-teori yang ada.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, bahwa metode self talk  mampu menurunkan perilaku bullying siswa.  Sebagai bukti dari hasil penelitian ini adalah perubahan persentase menurunnya perilaku bullying dari masing-masing indikator, sebagai contohnya adalah mampu menahan diri untuk tidak mengumpat, menyebut atau memanggil teman dengan panggilan “bully”, Berbicara  dengan nada wajar  dan menghindari berkata kasar dengan teman, Meminta teman melakukan sesuatu dengan paksa, Meminta atau mengambil uang/ barang  teman dengan paksa, Menjaga diri untuk tidak berbuat kasar terhadap teman. Secara keseluruhan dan berdasar pada hasil penelitian pada bab sebelumnya perubahan persentase perubahan menurunnya perilaku bullying   setelah diberikan tindakan dengan metode self talk adalah sebesar 59,4%. Berdasarkan perubahan perubahan persentase dan perubahan sikap atau perilaku setelah diberikan tindakan   selama tiga siklus,  dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying siswa  SMP IT Ihsanul Fikri  tahun ajaran 2020/2020 da1at diturunkan melalui metode  self talk

Diterbitkan

06-06-2022

Terbitan

Bagian

Artikel