P1-5 PERAN PENDIDIKAN KARAKTER PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU PROSOSIAL SANTRI
Abstract
Abstrak
Disrupsi teknologi pada era globalisasi ini membawa efek domino dalam kehidupan masyarakat. Satu sisi membawa kemajuan yang luar biasa, disisi lain ada efek destruktif yang tidak bisa kita pandang sebelah mata . Menurunnya perilaku prososial yang terjadi di masyarakat dewasa ini merupakan salah satu dampak perkembangan teknologi karena dengan kemudahan akses informasi sehingga menjadi potensi menurunnya interaksi sosial masyarakat secara langsung. Paradigma menurunnya perilaku prososial tidak hanya terjadi pada masyarakat umum akan tetapi juga terjadi di dunia pesantren. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pesantren yang selama ini sangat dikenal dengan karakteristik perilaku prososial yang sangat kuat didalamnya, untuk tetap bertahan di tengah gempuran pengaruh modernisasi dan globalisasi. Pertanyaan yang akan dijawab dalam tulisan ini adalah bagaimana pendidikan karakter yang ada di dalam pesantren mampu menjadi benteng untuk memperkuat perilaku prososial santri yang dewasa ini semakin menurun. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review yang dipilih didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi. Alur pencarian artikel dengan menggunakan database Google Scholar yang menggunakan kata kunci “pendidikan karakter pesantren”, “perilaku prososial”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan karakter di pesantren mampu memberikan kontribusi yang besar dalam mempertahankan karakteristik perilaku prososial para santri di tengah berbagai tekanan pengaruh globalisasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.