p1-10 Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Kebaikan Serta Minat Belajar
Abstract
- Pendidikan adalah usaha atau proses bagi seseorang untuk berkembang dan berubah. Dengan pendidikan seseorang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa. Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, karena peranan pendidikan bagi manusia sangat penting yaitu untuk meningkatkan kemajuan. Oleh karena itu pendidikan dikatakan sebagai jembatan untuk mencapai apa yang diinginkan. Penerapannya dalam dunia pendidikan adalah peserta didik dituntut untuk dapat belajar dan berinteraksi dengan baik. Sehingga kemungkinan terabaikannya penerapan nilai-nilai seperti sopan santun, etika, moral, agama, kejujuran, toleransi dan sebagainya sangat rendah. Rendahnya nilai-nilai kebajikan tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan cara pelaksanaan pendidikan karakter. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library), tujuan penggunaan metode ini terkait dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum menurun sehingga membatasi peneliti dalam mengumpulkan data. Datanya secara langsung. Jenis metode ini menggunakan sumber dari buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Selain menggunakan metode kepustakaan juga menggunakan metode wawancara (dengan kuesioner yang dibuat melalui Google form). Formulir Google akan dibagikan kepada siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui jawaban dari responden, dimana hasil akhir dari pengumpulan data yang terkumpul dideskripsikan oleh peneliti dalam bentuk kata-kata. Jenis metode yang terakhir adalah observasi, pengumpulan data dalam metode ini adalah melalui pendengaran atau penglihatan yang digunakan untuk mengamati masalah yang diamati. Setelah itu peneliti mencatat informasi yang disaksikan selama penelitian.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2022-12-30
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2022 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.