p1-6 STRATEGI MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 JENANGAN
PENDIDIKAN
Abstract
Kedisiplinan merupakan suatu sikap atau perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang terkait dengan keselarasanya dengan peraturan dan ketetapan yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus. Dalam dunia pendidikan kedisplinan merupakan salah satu tujuan dari pendidikan itu sendiri yaitu membentuk pribadi peserta didik yang disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi membentuk kedisiplinan siswa melalui kultur sekolah di SMP Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model miles & huberman yang terdisi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Jenangan dilaksanakan melalui membangun hubungan harmonis antar warga sekolah, dengan melalui penerapan pola perilaku 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), upacara-upacara, dan nilai-nilai atau keyakinan yang dianut warga sekolah. Strategi dalam pembentukan kedisiplinan siswa di sekolah mencakup segala hal yang dapat mempengaruhi siswa untuk membantu mereka agar dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan sekolah.
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-30 (2)
- 2022-12-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.