p1-9 Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia dalam aspek Kurikulum Perspektif Mahmud Yunus dan Relevansinya pada Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • suliwati STAIMAS WONOGIRI
  • Fauzi

Keywords:

Pembaharuan, Pendidikan Islam, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia terus berkembang dan mengalami kemajuan dengan adanya gagasan dari berbagai pemikiran tokoh. Salah satu tokoh pemikiran pendidikan Islam adalah Mahmud Yunus dengan ide pembaharuannya tentang integrated  kurikulum pendidikan Islam. Integrasi kurikulum pendidikan Islam memiliki relevansi dalam menghadapi tantangan di era 4.0. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa konsep pembaharuan pendidikan Islam berdasarkan pemikiran Mahmud Yunus dan relevansinya pada era revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research).

Hasil penelitian ini membahas mengenai konsep pembaharuan pendidikan dalam kurikulum yang memadukan ilmu agama dan ilmu umum di lembaga pendidikan Islam. Metode pengajaran yang integrated harus mewujudkan tujuan pendidikan dalam aspek pengetahuan kognitif (to know), mempraktikkannya (to do), menghayatinya dalam kehidupan sehari-hari (to act), dan mempergunakannya dalam kehidupan sehari-hari (to life). Relevansi pembaharuan pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus pada era revolusi Industri 4.0 terletak pada menyelaraskan antara pendidikan agama dan pendidikan umum, klasifikasi materi pelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang usia, mengintegrated kurikulum dalam artian memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum serta lingkungan pendidikan yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter dalam mengasah kemampuan serta ke

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel