PJ-F4V2281223 PENGARUH PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013

PENGARUH PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013

Penulis

  • Naufal Naufal STAI Tanbihul Ghofilin Banjarnegara

Abstrak

Abstract

Curriculum as a written plan of learning (educational document). The curriculum as a written plan has a certain format. In Indonesia, we know the matrix format used by the 1975 curriculum, the 1986 curriculum, the 1994 curriculum, and so on Changes in the curriculum from the original KTSP to the 2013 curriculum caused many changes and influences in learning. The goal to be achieved in this study is to analyze the effect of changing the KTSP curriculum to K13 in elementary schools. With the interview method at one of the teachers and educational institutions, it is hoped that this can be used as an analysis for this curriculum change. This research was motivated by the implementation of the 2013 curriculum at all levels of education, both at the elementary, junior high, and high school levels. Teachers face many problems in implementing the 2013 curriculum, especially the revised 2013 curriculum applied at MIM 11 Sumberagung. This research is a qualitative research with descriptive method. This study aims to identify problems faced by teachers in implementing the revised 2013 curriculum in elementary schools. This study concludes that not all problems faced by teachers are due to errors in the 2013 curriculum, but teachers must also be able to maximize their professional abilities to answer the challenges in the 2013 curriculum.

Keywords: Curriculum Change, KTSP Curriculum, 2013 Curriculum.

 

Abstrak

Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis tentang pembelajaran (dokumen pendidikan). kurikulum sebagai suatu rencana tertulis memiliku format tertentu. Di Indonesia kita mengenal format matriks yang digunakan kurikulum 1975, kurikulum 1986, kurikulum 1994, dan seterusnya. Peruabahan kurikulum yang semula KTSP menjadi kurikulum 2013 menimbulkan banyak perubahan dan pengaruh dalam pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pergantian kurikulum KTSP mejadi K13 pada sekolah dasar. Dengan metode wawancara pada salah satu guru dan lembaga pendidikan diharapkan mampu dijadikan analisis pada pergantian kurikum ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejak diberlakukannya kurikulum 2013 di semua jenjang pendidikan, baik di tingkat SD, SMP, sampai dengan SMA. Guru banyak menghadapi masalah dalam penerapan kurikulum 2013, khusunya kurikulum 2013 revisi yang diterapkan di MIM 11 Sumberagung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 revisi di SD. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak semua masalah yang dihadapi guru karena kesalahan di dalam kurikupum 2013, tetapi guru juga harus mampu memaksimalkan kemampuan profesionalnya untuk menjawab tantangan-tantangan di dalam kurikulum 2013.

Kata Kunci: Perubahan Kurikulum, Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013

 

Diterbitkan

28-12-2023

Terbitan

Bagian

Jurnal Karya Ilmiah