PJ-F3V2281223 Korelasi Jumlah Hafalan Al-Qur'an dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis

  • Shibaa Shiddiiqoh STIT Ihsanul Fikri Magelang
  • Aisyah Shidiqoh STIT Ihsanul Fikri Magelang
  • Ferli Kinanthi STIT Ihsanul Fikri Magelang

Abstrak

Menghafal Al-Qur’an ialah proses mengulang bacaan Al-Qur’an dengan cara membaca ataupun mendengar berulang kali sampai melekat pada ingatan yang kemudian dibaca ulang tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Dengan menghafal Al-Qur’an dapat melatih kemampuan memori dan menstimulus kinerja otak, sehingga akan mempengaruhi kemampuan siswa terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi jumlah hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment menggunakan aplikasi JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi positif dan signifikan antara jumlah hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Akademik

Diterbitkan

28-12-2023

Terbitan

Bagian

Jurnal Karya Ilmiah

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama