PJ-F3V2281223 Korelasi Jumlah Hafalan Al-Qur'an dengan Prestasi Akademik Siswa Kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Menghafal Al-Qur’an ialah proses mengulang bacaan Al-Qur’an dengan cara membaca ataupun mendengar berulang kali sampai melekat pada ingatan yang kemudian dibaca ulang tanpa melihat mushaf Al-Qur’an. Dengan menghafal Al-Qur’an dapat melatih kemampuan memori dan menstimulus kinerja otak, sehingga akan mempengaruhi kemampuan siswa terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi jumlah hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment menggunakan aplikasi JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya korelasi positif dan signifikan antara jumlah hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik siswa kelas VIII C di SMPIT Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Akademik
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.