p2-5 METODE SELF TALK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA
Abstract
Abstrak
Bullying yang dalam Bahasa Indonesia kita kenal dengan istilah Perundungan di kalangan siswa seperti tidak akan ada habisnya. Berbagai upaya yang sudah dilakukan pihak sekolah untuk mengatasinya, namun perilaku tersebut seperti sulit untuk dihapuskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying siswa melalui metode self talk pada siswa kelas VIII Ikhwan SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Tahun Pelajaran 2020/2021. Artinya Metode Self Talk dapat digunakan sebagai metode untuk menurunkan perilaku bullying pada siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Tindakan dilakukan pada beberapa siswa yang diberikan perlakuan penerapan metode self talk dalam jangka waktu tertentu yang terbagi ke dalam beberapa siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kelas VIII dengan Teknik pengambilan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun Subyek informan pada penelitian ini adalah Guru Pembimbing, teman sebaya, Guru Mata Pelajaran, Wali kelas dan Wali asrama. Proses pengolahan data dimulai dengan mengelompokkan data-data yang terkumpul melalui observasi, dokumentasi untuk diklasifikasikan dan dianalisa berdasarkan kepentingan penelitian. Hasil analisis data tersebut selanjutnya disusun dalam bentuk laporan dengan teknik deskriptif analisis, yaitu dengan cara mendeskripsikan keterangan-keterangan atau data-data yang telah terkumpul dan dianalisis berdasarkan teori-teori yang ada.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, bahwa metode self talk mampu menurunkan perilaku bullying siswa. Sebagai bukti dari hasil penelitian ini adalah perubahan persentase menurunnya perilaku bullying dari masing-masing indikator, sebagai contohnya adalah mampu menahan diri untuk tidak mengumpat, menyebut atau memanggil teman dengan panggilan “bully”, Berbicara dengan nada wajar dan menghindari berkata kasar dengan teman, Meminta teman melakukan sesuatu dengan paksa, Meminta atau mengambil uang/ barang teman dengan paksa, Menjaga diri untuk tidak berbuat kasar terhadap teman. Secara keseluruhan dan berdasar pada hasil penelitian pada bab sebelumnya perubahan persentase perubahan menurunnya perilaku bullying setelah diberikan tindakan dengan metode self talk adalah sebesar 59,4%. Berdasarkan perubahan perubahan persentase dan perubahan sikap atau perilaku setelah diberikan tindakan selama tiga siklus, dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying siswa SMP IT Ihsanul Fikri tahun ajaran 2020/2020 da1at diturunkan melalui metode self talk
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.