Pj PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS KELAS XI SMAIT IHSANUL FIKRI
pendidikan
Keywords:
LKPD, sistem pencernaan, problem based learningAbstract
Seorang guru harus mengajar dan mendidik, sehingga guru tidak hanya berusaha menyampaikan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya tetapi juga mendidik kepribadian, sikap, dan sifat murid. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD biologi berbasis problem based learning pada materi sistem pencernaan manusia yang sesuai untuk proses pembelajaran. LKPD dikembangkan dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan pembelajaran LKPD. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel atau disebut dengan model 4-D. Proses pembuatan modul ini diawali dengan tahap validasi LKPD oleh 2 ahli materi dan 2 ahli desain. Hasil validasi LKPD dari segi materi mencapai 96%. LKPD selanjutnya dilakukan uji coba dengan sekolah untuk mengetahui respon pengguna. LKPD masuk dalam kategori “Sangat Baik” sehingga dapat digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.