Pj MODEL PENDIDIKAN MORAL BAGI REMAJA DALAM KONSEP IMANUEL KANT DAN ISLAM

pendidikan

Penulis

  • NUR SANGADAH Mahasiswa

Kata Kunci:

moral, agama dan moral, filsafat moral, pendidikan moral, metode pendidikan moral

Abstrak

Pendidikan moral sangat penting bagi peserta didik untuk meningkatkan kecerdasan, emosi dan spiritual. Nilai dan moral peserta didik perlu diperhatikan karena pendidikan di rumah maupun disekolah sangat berperan dalam mendukung pengembangan peserta didik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendidik untuk menanamkan pentingnya nilai-nilai moral dan peserta didik dan mengembangkan model pendidikan moral yang tepat sesuai dengan psikologi perkembangan anak dalam konsep filsafat dan agama Islam. Banyak model dapat dicontoh dalam usaha mewujudkan pendidikan moral yang ideal, fokus pengajaran yang menyertakan kesadaran –meminjam postulat Kant– the existence of God, dapat membantu output pendidikan untuk mengerti tujuan sebenarnya pendidikan. Sejatinya pendidikan hanya diperuntukan untuk memaksimalkan potensi manusia; mentransendensikan kenyataan manusia dari sekedar keberadaannya secara fisik menjadi sprituil dan ruhani. Inilah yang menjadi landasan moral untuk membekali kehidupan manusia di dunia. Terdapat korelasi kuat antara pendidikan moral terbaik yang didapat nabi dalam Islam dengan konsep moral faith Kant. Dalam pandangan Kant mirip-mirip postulat pertamanya: the existence of God, percaya akan keberadaan Tuhan yang menyertai keberadaan manusia di dunia. Kant mengembangkan apa yang disebutnya Doctrine of the Method of Ethics yang terdiri dari dua bagian yaitu, pengajaran dan askese etis. Menurut Kant, etika merupakan doktrin mengenai kewajiban moral yang tidak diturunkan dari hukum ataupun peraturan dari luar. Kewajiban tidak bersifat kodrat melainkan pencapaian subjek bertindak mengikuti akal budi. Mengikuti akal budi adalah kewajiban moral dan bukan kecenderungan kodrat. Inilah alasannya mengapa keutamaan moral dapat diajarkan. Metode pendidikan moral Imanuel Kant dalam karya filsafat dalam buku antropologi dan sejarahnya menyatakan bahwa dapat diwujudkan dengan contoh contoh (modelling) melalui latihan dan dengan tahap demi tahap. Konsep tersebut sama dengan kajian dalam pandangan Islam dalam konsep pendidikan moral spiritualnya. Tulisan ini juga membahas keterkaitan metode pendidikan dalam pandangan Kant dan Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

06-06-2023

Terbitan

Bagian

Artikel