p HUBUNGAN ANTARA HUKUMAN EDUKATIF DENGAN KEJUJURAN SANTRI DI SMPIT CAHAYA INSANI
pendidikan
Keywords:
Hukuman Edukatif, Kejujuran, santriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengertian Kejujuran , 2). Pengertian Hukuman Edukatif, 3).Hubungan Hukuman Edukatif terhadap Kejujuran santri SMPIT Cahaya Insani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan subyek santri sejumlah 40 di SMPIT Cahaya Insani Temanggung. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner dan mengolahnya dengan aplikasi JASP. Hasil ini menunjukkan adanya hubungan atau korelasi antara hukuman edukasi dan kejujuran santri. Terdapat -value <0,01 berarti adanya hubungan signifikan antara hukuman edukasi dengan kejujuran. Internal koefisien 1.000 berarti adanya keterkaitan hubungan yang sangat kuat (positif), yaitu semakin tinggi hukuman edukasi, maka semakin tinggi juga tingkat kejujuran. Dari hasil kuisioner yang disebarkan juga menjelaskan bahwa hasil uji normalitas yaitu berdistribusi normal. Hasil uji reliabilitas pada data kuisioner yang disebarkan menunjukkan bahwa nilai Cronbach Alpha sebesar 1.000 menunjukkan bahwa nilai reliabilitas tinggi. Pemberian hukuman harus memperhatikan beberapa hal diantaranya, a) Memberi kepercayaan pada anak, b) Sanksi disandarkan pada perilaku, bukan pelaku, c) Menghukum tanpa emosi, d) Hukuman sudah disepakati, e) Adanya tahapan pemberian hukuman (hukuman berjenjang)
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.