HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PURWOREJO
Kata Kunci:
Kecerdasan spiritual, Prestasi belajar IPAAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP N 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo berjumlah 193 siswa dengan sampel sebanyak 33 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecerdasan spiritual dan skala prestasi belajar yang disusun dengan metode skala Likert dan nilai murni PSAT mata pelajaran IPA tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Hipotesis pada penelitian ini yaitu mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar IPA. Hasil dari hipotesis yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar IPA, nilai korelasi product moment berdasarkan angket sebesar 0,738, sedangkan nilai korelasi product moment berdasarkan nilai murni PSAT sebesar 0,407. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sumbangan efektif (R²) yang diberikan oleh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar IPA berdasarkan angket sebesar 0,545 (55%) dan berdasarkan nilai murni PSAT sebesar 0,166 (17%). Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Islamic Education and Counseling Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.