Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Fiqih pada Kelas 9 MTsN 2 Wonogiri
Kata Kunci:
Kesulitan belajar, Fiqih, Metode penelitian, Strategi pengajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam memahami materi Fiqih pada kelas 9 MTsN 2 Wonogiri, dengan fokus pada tiga pembahasan penelitian: kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi Fiqih, Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi Fiqih. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket yang melibatkan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami terminologi Fiqih, menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari, dan mengalami kebingungan saat menghadapi soal ujian. Faktor-faktor penyebab kesulitan meliputi kurangnya motivasi belajar, metode pengajaran yang monoton, serta minimnya dukungan dari lingkungan. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan ini mencakup penerapan metode pembelajaran yang interaktif, seperti diskusi kelompok dan penggunaan media pembelajaran yang menarik, serta memberikan bimbingan tambahan kepada siswa. Dampak penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang strategi pengajaran yang lebih efektif, sehingga pemahaman siswa terhadap materi Fiqih dapat meningkat secara signifikan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Islamic Education and Counseling Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.