p1-4 DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM SMPIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG DALAM PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Kata Kunci: Desain , Kurikulum, Revolusi 4.0Abstract
Abstrak
Artikel ini dengan pendekatan dan metode kualitatif serta kajian Pustaka untuk menganalisis desain pengembangan kurikulum SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang sangat esensial dalam keseluruhan kegiatan Pendidikan. Pengembangan kurikulum yang akan diterapkan harus memiliki landasan dan prinsip pengembangan. Landasan pengembangan kurikulum dikaji secara mendalam sehingga tidak salah tafsir terhadap kondisi masyarakat yang akan dikembangkan dan tidak salah prediksi tentang masa depan. Kajian landasan kurikulum memiliki empat dimensi yaitu Landasan filosofis,psikologis, sosiologis, dan organisatoris. Pengembangan kurikulum mencakup secara makro maupun mikro. Pengembangan secara makro menyangkut pengembangan program Pendidikan secara umum dan menyeluruh dalam konteks suatu Lembaga atau institusi. Sedangkan secara mikro menyangkut pengembangan kurikulum yang sifatnya lebih terbatas, seperti pengembangan kurikulum pada level bidang studi mata pelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Islamic Education and Counseling Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.