PENGARUH STIMULASI ORANGTUA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN INTERAKSI SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Wartani
rivo panji

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stimulasi orangtua lingkungan sekolah dan interaksi sosial sebagai variabel mediasi terhadap kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini orang tua siswa TK yang berada di Kecamatan Salaman dengan total 545.  Sampel penelitian ditetapkan 60 orang (orang tua murid).  Variabel penelitian dalam analisis jalur dibagi menjadi variabel bebas (Independent Variable) dan variabel terikat (Dependent Variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Stimulasi Orang tua berperangaruh terhadap Interaksi Sosial, variabel Lingkungan Sekolah berperangaruh terhadap Interaksi Sosial, valiabel Stimulasi Orang tua tidak berperangaruh terhadap Kemampuan Bahasa Anak, variabel Lingkungan Sekolah tidak berperangaruh terhadap Kemampuan Bahasa Anak, Variabel Interaksi Sosial berpengaruh terhadap kemampuana bahasa anak, Variabel stimulasi orang tua berpengaruh terhadap kemampuan bahasa melalui variabel interaksi sosial sebagai variabel mediasi, dan Variabel Lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap kemampuan bahasa melalui variabel interaksi sosial sebagai variabel mediasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##