Pj IMPLEMENTASI DAN EVALUASI METODE KEGIATAN MAIN DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN PADA ANAK USIA DINI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Pendidikan kebencanaan merupakan serangkaian upaya dalam pengurangan risiko bencana dengan cara mengintegrasikan muatan kebencanaan ke dalam kurikulum dan pembelajaran yang sedang dan akan dilaksanakan. Studi ini bertujuan mengkaji implementasi pendidikan kebencanaan pada anak usia dini dan bagaimana evaluasi terhadap implementasi tersebut. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah systematic literature review dengan menelaah 15 artikel ilmiah dari jurnal atau prosiding nasional dan internasional melalui database Google Scholar. Hasil studi menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia telah memiliki pedoman kebijakan pendidikan kebencanaan yang sistematis dan komprehensif. Implementasi metode kegiatan main bekaitan dengan kebencanaan juga banyak dan beragam di satuan pendidikan anak usia dini. Namun demikian, pendidik perlu lebih memperhatikan aspek perkembangan anak usia dini dan sistem lingkungan yeng berinteraksi dengan anak usia dini untuk dapat mengoptimalkan efektivitas pendidikan kebencanaan pada anak usia dini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.