PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT RIYADLUSH SHOLIHIN SALAMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

dewi numalasari
yulia yulia farikha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Project Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TKIT Riyadlush Sholihin. Bahasa ekspresif merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan komunikasi anak, yang mencakup kemampuan untuk mengungkapkan perasaan, ide, dan gagasan secara verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang berfokus pada observasi langsung terhadap interaksi dan perkembangan bahasa ekspresif anak- anak di sebuah taman kanak-kanak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi selama penerapan PBL pada berbagai proyek yang melibatkan kegiatan berbicara, mendengarkan, serta berinteraksi dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak-anak dengan cara memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proyek-proyek yang relevan dan menarik, sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk berkomunikasi dan mengungkapkan ide-idenya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi strategi yang efektif dalam mendukung perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini, terutama dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan penuh tantangan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##